Pulau Lamudaan & Gusung Lamudaan, Balabalakang

Pulau Lamudaan

       Letak Pulau Lamudaan 1 jam perjalanan kapal dari Pulau Popoongan ke arah timur. dermaga Pulaunya menghadap arah Gusung Lamudaan dan Pulau Malember besar dan kecil.

      Mengapa disebut Lamudaan? saya juga kurang tahu. saya mengalami kesulitan jika berinteraksi dengan warga Pulau Lamudaan karena disini, warga kurang fasih berbahasa Indonesia. warga Pulau Lamudaan didominasi oleh penduduk yang Lansia dan anak-anak. para pemuda dan pria dewasa bekerja sebagai nelayan. rumah di Pulau Lamudaan tidak lebih dari 15 rumah dan 1 musholla sederhana. listrik berasal dari panel surya kecil yang dipasang di rumah Kepala Dusun. tidak ada air tawar, semua sumur asin dan hanya menadah air hujan di tandon. disini tidak ada WC Umum, fasilitas kesehatan dan Sekolah Dasar. saya dan teman-teman dari South Borneo Traveller pernah menginap di Pulau ini. kami menumpang mandi di sumur air asin, sedangkan untuk BAB langsung saja ke pantai atau dermaga kayu sambil membawa ember/gayung. untuk air tawar kami membeli dari penduduk Lamudaan Rp.10.000,- per 1 jerigen 20 liter.
     Pulau ini memiliki pemandangan pantai yang indah. sayang sekali rumah penduduk kurang rapi dan teratur. biasanya saya membawa peserta Open Trip Balabalagan islands Open Trip Official mengunjungi pulau ini untuk sesi foto di dermaga, makan siang dan sholat dzuhur. kapal biasanya sulit bersandar di dermaga Pulau Lamudaan, oleh karena itu wisatawan diturunkan di pantai.

Spot Snorkeling Pulau Lamudaan.
     Jika ingin latihan snorkeling, bisa di sekitar pantai. banyak penyu yang muncul di perairan Pulau Lamudaan. selain itu spot terumbu karang kebanyakan rusak karena bekas di bom. tapi ada spot istimewa disini, jika mengikuti batas alur pantai yang hijau dan biru tua, kita akan menemui tebing vertikal yang dipenuhi terumbu karang dan banyak penyu yang muncul dari dasar laut dalam. tidak disarankan bagi snorkler pemula untuk snorkling di spot tebing ini karena arus agak kuat. sayang sekali ketika saya mendapatkan kesempatan menjelajahi tebing vertikal Pulau Lamudaan bersama Bro kuswardhanansyah sambil di kawal dengan Bang Alben, kami tidak membawa kamera underwater. tapi kami setuju, pemandangan tebing karang vertikal Pulau Lamudaan sangat indah ditambah lagi banyaknya penyu yang muncul mencari makan di tebing karang tersebut.
Spot Landscape Pulau Lamudaan.
      Kamu belum ke Pulau Lamudaan kalau belum berfoto di dermaganya. dermaga kayunya panjang dengan warna laut dangkalnya yang bisa berwarna hijau atau biru tosqa tergantung waktu. jika kalian datang agak pagi, warna lautnya biru tosqa, menjelang matahari naik lebih tinggi di atas kepala warna laut dangkalnya berubah jadi hijau tosqa. dermaga dan bangku kayu dengan latar Pulau Lamudaan adalah background foto yang keren. lebih istimewanya lagi karena minimnya penduduk dan wisatawan, pulau ini serasa milik pribadi dalam sesi foto holiday. selain itu schooling fish dan baby shark adalah hal yang keren untuk di foto. jika beruntung, kalian akan melihat pari yang terbang untuk mengejutkan schooling fish. ABK kami sering memancing umpan dari schooling fish yang melimpah di laut dangkal, setelah itu, ikannya diumpankan ke laut dalam di ujung dermaga Pulau Lamudaan untuk menangkap ikan tenggiri atau ikan ikan besar lainnya.

Bermain Bersama Anak Pulau Lamudaan.
      Di Pulau ini anak kecilnya dari bayi, balita hingga usia sekolah dasar, sangat jarang ada remaja usia SMP atau SMA kecuali musim liburan, mereka kembali berkumpul dengan keluarga mereka di Pulau Lamudaan. jika saya dan teman-teman travelling datang untuk bernaung dibawah pepohonan tepi pantai, mereka suka datang menghampiri dan mengajak bermain. sayang sekali, mereka jarang ada yang bersekolah, dan yang sudah cukup umur akan bersekolah di Pulau Tetangga yaitu Pulau Labia. saya pernah 2 kali membagikan buku dan alat tulis kepada anak-anak pulau ini. biasanya teman-teman wisatawan suka mengajari mereka bernyanyi bersama.

Gusung Lamudaan.


     Gusung ini tepat berhadapan dengan dermaga pulau Lamudaan, tidak begitu jauh, hanya memerlukan waktu 10 menit berkapal. Gusung ini cukup tinggi terlihat dan tidak ada tanaman sedikitpun. di sekeliling Gusung di terhampar terumbu karang yang sebagian rusak karena bom ikan. tapi sebagian lagi masih bagus dan banyak sekali sotong berkeliaran. Bagi snorkeler pemula jangan jauh jauh dari Gusung, karena di bagian batas pantai gusung dengan tebing, arus laut agak kuat dan menguras tenaga.
     Pasir Gusung Lamudaan sangat lembut dan berwarna krem cantik. jangan sampai melewatkan kesempatan untuk naik ke gusung Lamudaan dan berfoto. jadi, Gusung Lamudaan adalah tempat yang ajib untuk berfoto landscape diatas pantainya dan juga berfoto underwater sambil mengejar sotong besar diantara terumbu karangnya.


Potensi Wisata Pulau dan Gusung Lamudaan
     Oke fix... Pulau Lamudaan memiliki potensi wisata yang bagus dengan, namun memerlukan banyak polesan disana sini. semoga Pemerintah dapat membangun infrastruktur yang lebih memadai untuk warga Pulau Lamudaan seperti pengolahan air tawar, Fasilitas Kesehatan, listrik, sekolah dasar, MCK. jika itu semua sudah dibangun, maka kesejahteraan penduduk Pulau Lamudaan akan meningkat dan wisatawan akan senang mengunjungi Pulau Lamudaan. jika sudah ada Toilet dan kamar mandi serta listrik, maka Pulau Lamudaan dapat menerima wisatawan yang ingin datang menginap. tentunya hal ini dapat meningkatkan sumber pendapatan penduduk yang sebelumnya hanya mengandalkan pekerjaan sebagai nelayan.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Rute menuju Kepulauan Balabalagan

Trip SATEBO (Samarinda-Tenggarong-Bontang)