Rute menuju Kepulauan Balabalagan

Apa Yang Perlu kamu Ketahui tentang Balabalagan 

(Kepulauan Bala-balakang)

     Balabalagan adalah gugusan kepulauan yang terletak di Selat Makassar. masih termasuk dalam lanjutan dasar benua Pulau Kalimantan. terletak di perairan dangkal selat makassar antara pesisir Kalimantan Timur dan Palung Sulawesi. 
     Sebenarnya nama asli Balabalagan adalah Kepulauan Bala-balakang. namun karena salah pemahaman antara pengucapan dan penulisan sejak tahun 2012, hingga sebutan Balabalagan lebih terkenal karena mudah diucapkan oleh para pendatang.
  Berdasarkan Wikipedia, Kepulauan Bala-balakang terdiri dari 14 pulau. berdasarkan pengalaman saya sebagai Explorer & Blogger Traveller, ada banyak gusung dan pulau yang sudah saya jelajahi dari rentang waktu 2013 hingga 2015 dalam 11 kali perjalanan ke Balabalagan. ada 16 Pulau Bernama dan 3 diantaranya belum saya jelajahi. 9 Pulau berpenduduk dan 6 pulau tidak berpenduduk. ada 10 gusung yang bernama yang saya tahu, selebihnya masih banyak gusung tak bernama yang tersebar di seluruh perairan Balabalagan yang belum pernah di dokumentasikan potensi bawah lautnya.
    
sumber : https://www.google.com/maps
     Dari Kepulauan Balabalagan, Pulau paling utara adalah Pulau Sabakattang yang paling dekat dicapai dari arah Balikpapan atau Penajam. Gusung paling utara adalah Gusung Karang Sauh. Pulau paling barat adalah Pulau Durian dan Gusung Tandu yang paling dekat dicapai dari pesisir Tana Grogot yaitu Desa Lori dan Tanjung Aru. Pulau paling Timur adalah Pulau Ambo yang berbatasan langsung dengan Palung sulawesi. Gusung paling Selatan adalah Gusung Lawe-lawe yang sangat dekat dengan perbatasan perairan Kalimantan Selatan.

Bagaimana menuju ke Balabalagan?

     Ada 5 start point untuk menuju Balabalagan yaitu dari Kampung Baru Balikpapan, Penajam, Desa Lori Tana Grogot, Desa Tanjung Aru Tana Grogot dan Mamuju Sulawesi Barat.
     Ada 3 cara untuk menuju Balabalagan yaitu menumpang kapal nelayan (hitchiker), menyewa kapal nelayan (backpacker) dan mengikuti Open Trip dari Organizer Trip wisata Balabalagan (traveller & flashpacker).
  1. Menumpang kapal nelayan (Hitchiker - low budget).
         Jika ingin ke Balabalagan dan memiliki kenalan kapal nelayan yang sering bolak-balik menuju Balabalagan, maka cara Hitchhiker bisa di lakukan. biasanya banyak kapal nelayan yang berangkat dari daerah Manggar, Kampung Baru, Pelabuhan Tanjung Batu Penajam dan Tanjung Aru Tana Grogot. menumpang kapal nelayan biasanya ikut menumpang tidur&makan di kapal. jika nelayan memiliki rumah di Balabalagan, maka bisa ikut menumpang tidur di rumah nelayan tersebut. karena ikut menumpang kapal nelayan pencari ikan, maka kalian hanya bisa mengikuti rute nelayan untuk mendatangi pulau-pulau di Balabalagan. pulau yang paling banyak didatangi nelayan dari berbagai daerah biasanya adalah Pulau Sabakattang, Pulau Saboyang, Pulau salissingan, Pulau Samataha dan Pulau Popongan. Pulau Sabakattang adalah pulau persinggahan kapal para pemancing sport fishing.
    Kapal Nelayan Balabalagan yang di Kampung Baru
  2. Menyewa kapal nelayan (Backpacker - sharecost - mid budget).
         untuk menyewa kapal Nelayan, kalian harus mencari relasi pemilik kapal di pelabuhan tradisional dari 5 start point yang disebutkan sebelumnya. cek keadaan kapal dan live vest. kapal nelayan biasanya minim peralatan safety. kapal nelayan yang disewa untuk mengantar kalian pulang pergi dan menjelajah Balabalagan harus memiliki supir yang berpengalaman dan kondisi mesin kapal yang prima. kalau dengan sistem sewa, kalian bisa menentukan sendiri rute pulau yang ingin disinggahi. untuk opsi menginap, sebaiknya dimusyawarahkan dengan teman seperjalanan, apakah ingin mendirikan tenda di pulau atau numpang menginap di rumah penduduk pulau. hal terpenting dalam sharecost trip adalah kerja sama tim dalam memecahkan masalah selama perjalanan. kesalahan utama yang sering dilakukan adalah demi menekan biaya sharecost seminim mungkin, backpacker membawa sebanyak-banyaknya anggota trip hingga kapasitas maksimal penumpang kapal padahal hal seperti ini malah mengurangi kenyamanan selama perjalanan. kekurangan yang lain adalah jika semua anggota trip tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang balabalagan. bingung menentukan rute, kurang bertanya kepada supir kapal tentang rute hopping islands terbaik, letak spot terumbu karang dan peraturan tidak tertulis di pulau-pulau yang ada di Balabalagan. oleh karena itu, jadilah wise & smart backpacker, survey dan cari info sebanyak-banyaknya tentang pulau-pulau Balabalagan, pintar-pintarlah nego sewa kapal kepada pemiliknya dan siapkan peralatan outdoor yang diperlukan selama perjalanan menuju Balabalagan.
  3. Ikut Open Trip atau Trip khusus dari Organizer Trip wisata Balabalagan (medium premium budget-Traveller-Flashpacker)
         Jika kalian memiliki budget khusus dan waktu yang terbatas, maka alternatif menuju ke Balabalagan dengan mengikuti organizer trip adalah hal yang sangat direkomendasikan. biasanya organizer trip membuka trip dengan lama 3 hari 2 malam dan 4 hari 3 malam. dengan mengikuti open trip, wisatawan sudah di sediakan homestay & makan.  Organizer trip biasanya beranggotakan guide yang berpengalaman dan mengetahui keadaan Balabalagan atau memiliki keluarga yang tinggal di Balabalagan. besar biaya open trip sangat mempengaruhi kualitas pelayanan selama perjalanan. oleh karena itu pandai-pandailah memilih organizer trip untuk membawa kalian berwisata ke Balabalagan. perhatikan rute hopping islands & fasilitas yang ditawarkan organizer trip. jika perjalanan jauh tidak setimpal dengan kepuasan menikmati keindahan balabalagan, maka hal ini sangat disayangkan. biasanya jika guide trip tidak memiliki attitude yang baik & pengetahuan yang cukup maka akan banyak menimbulkan ketidaknyamanan bagi pesertanya selama dalam perjalanan.

 Bagaimana mencari tempat menginap di Balabalagan?

     ada 2 cara menginap paling umum yaitu menginap di rumah warga pulau dan mendirikan tenda outdoor di Pulau yang berpenghuni. berikut pulau yang umum dijadikan tempat untuk menginap :
  1. Pulau Popongan.
         Pulau ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan tempat menginap. pulau ini berada terletak ditengah-tengah kepulauan Balabalagan, sehingga di sekeliling pulau ini banyak terlihat gusung dan pulau. warga pulau popongan sangat ramah terhadap pendatang. ada 2 sumur umum yang bisa dipakai mandi & mencuci serta 2 kamar mandi / WC.

         Jika ingin mendirikan tenda outdoor maka pilih yang paling dekat dengan akses sumur & kamar mandi. jangan mendirikan tenda di tepi pantai tanpa ada perlindungan dari terjangan angin laut di malam hari yang deras. jangan mendirikan tenda di bawah pohon kelapa karena buah kelapa bisa jatuh tanpa diduga. biasanya tenda didirikan di lapangan sepak bola dekat mesjid dan sumur serta WC. di Pulau Popongan, air tawar berasal dari air hujan yang ditampung, sedangkan air sumur berasal dari resapan air laut dan juga tidak ada sinyal sama sekali. hanya ada wartel satelit dengan tarif kurang lebih Rp.6.000,-/menit. jika cuaca kurang mendukung, bisa mendirikan tenda di lapangan semen tempat pasar malam pulau asal minta izin terlebih dahulu dengan kepala dusun.
      
         Jika ingin menumpang di rumah warga, maka begitu sampai di pulau popongan, langsung saja bertanya kepada warga, dimana rumah yang biasa menerima tamu menginap. ingat ! di balabalagan belum ada hotel atau penginapan, oleh karena itu hanya ada rumah warga yang bisa dijadikan homestay sementara. tarif untuk menginap di rumah penduduk belum ada standar baku, oleh karena itu tergantung kalian yang menentukan jumlah uang sebagai tanda terima kasih diizinkan menginap di rumah warga. sebaiknya dalam jumlah yang wajar dan pantas sehingga tidak menimbulkan kesan jelek bagi kalian terhadap tuan rumah. jadilah traveller yang beretika santun selama bertamu ke manapun kalian berwisata.
        Pulau Popongan juga menjadi tempat homestay bagi open trip dari 3 organizer trip wisata yang berbeda. oleh karena itu pada hari libur panjang, pulau popongan sangat ramai oleh wisatawan.
  2. Pulau Samataha.
         Pulau ini menjadi tempat menginap salah satu organizer trip. . air tawar hanya berasal dari air hujan yang ditampung, tidak ada WC / kamar mandi umum dan tidak ada sinyal ponsel.
  3. Pulau Saboyang.
         Pulau ini pernah dijadikan tempat homestay para backpacker, tapi sekarang tidak lagi. pulau ini satu-satunya yang memiliki sumur air tawar. tapi tidak ada WC / kamar mandi umum dan juga tidak ada sinyal ponsel. biasanya penduduk akan menawarkan tempat menginap kepada pendatang.
         Jika ingin mendirikan tenda, bisa didekat pinggir pantai yang dekat kebun kelapa atau yang dekat dengan satu-satunya sumur umum di Pulau.
  4. Pulau Lamudaan.
             Pulau Lamudaan tidak pernah dijadikan tempat menginap oleh traveller. tapi pernah dijadikan tempat kemping beberapa backpacker pada bulan november 2014. pulau ini hanya ada 1 sumur umum resapan dari air laut dan tidak ada WC/kamar mandi jadi kalo kebelet ya langsung saja cari kebun kelapa atau dermaga.
  5. Pulau Sabakattang.
         Pulau ini sering didatangi nelayan dan pemancing. jika ingin menginap di rumah warga pulau, silahkan bertanya langsung kepada penduduk setempat atau minta izin dulu kepada kepala dusun pulau. beberapa backpacker pada awal 2014 pernah menginap dirumah warga. untuk mendirikan tenda, carilah tempat yang dekat dengan sumur / masjid pulau. di Pulau ini ada sinyal telkomsel untuk telpon & sms tapi hanya sebatas di dekat rumah kepala dusun pulau.

 video Teaser Balabalagan

Info terbaru 

Hayok buruan daftar Open Trip Exclussive @balabalagan island bulan Oktober hingga Desember 2017 meet point Balikpapan & Grogot.
seat terbatas,diutamakan yg DP duluan.
langsung booking seat ke BIOTO Contact Person

JADWAL OPEN TRIP EXPLORE BALABALAKANG  2017

Jadwal untuk Bulan Oktober hingga Desember 2017 telah resmi diumumkan. silahkan book seat karena seat terbatas. langsung hubungi contact person BIOTO yang tertera dan silahkan transfer DP (Rp.200.000,-) untuk book seat.
Jadwal Trip Via Kota Balikpapan : 
  • Oktober
# 13-15 (3H2M)
# 27-29 (3H2M)
 
  • Nopember
# 10-12 (3H2M)
# 24-26 (3H2M)
# 30-3 Des(3M3H)

  • Desember
# 15-17 (3H2M)
# 22-26 (4H4M) 


     

 Jadwal Trip Via Tana Grogot :

  • Oktober

# 7-8 (2H1M)
# 21-22 (2H1M)

  • Nopember

# 4-5 (2H1M)
# 18-19 (2H1M)

  • Desember

# 1-3 (3H2M)
# 9-10 (2H1M)
# 23-26 (4H3M) 



 
Pulau-Pulau apa saja yang ada di Kepulauan Balabalagan?

  1. Pulau Saboyang.
    Pulau ini memiliki kebun kelapa yg luas. ada sekolah dasar yang sangat memprihatinkan, jadi sebaiknya wisatawan berVoluntourism disini. di ujung dermaga terdapat hamparan terumbu karang. Pulau Saboyang adalah pulau yang berada ditengah kepulauan, makanya kita bisa melihat pulau lain dari berbagai arah. Dari pulau ini menuju pulau Samataha, Salissingan, Popongan dan lain-lain hanya memerlukan waktu 30 menit hingga 1 jam. pada akhir nopember 2014, naik ke pulau ini, rombongan wisatawan beserta kapal harus membayar Rp.1.500.000,00 serta harus menginap di rumah penduduk yang telah dipilihkan oleh warga pulau. hingga sekarang belum ada yang mengkonfirmasi bahwa pungutan ini masih berlaku atau sudah tidak berlaku.
Dermaga Pulau Saboyang
#2.Pulau Popongan.
      Pulau dengan warna air laut yg cantik dan hamparan pasir lembut. tidak ada terumbu karangnya. persediaan air tawar berasal dari air hujan yg ditampung. Instalasi pengolahan air tawar pulau masih menggunakan bahan bakar solar dan Desember 2014 mesinnya rusak tak bisa digunakan. 
      Di pulau ini penduduknya sangat ramah, ada 2 sumur umum (air asin) dan  2 WC umum, letaknya di dekat sekolah dan di dekat Musholla. Ijin lah dengan kepala Dusun Pulau yang sangat ramah. Kalau kemping, cari tempat yang terlindung dari angin dan aman dari kejatuhan buah kelapa. Di pulau popongan bebas dari pungutan uang. Warung makan sebatas menyediakan makanan mie instan. Wartel satelit juga ada. Tiap pagi hari ada penjaja kue untuk sarapan. Jika berwisata kesini, jangan buang sampah sembarangan apalagi ke laut, karena bisa mencelakakan penyu yang sering berkeliaran di pulau ini.
       Akhir April 2015 di Pulau Popongan sudah ada penjual Souvenir berupa Sarung Popongan, ikan asin dan Rental alat snorkling.  Jika ingin mendapatkannya, silahkan datang ke Warung yang ada Meja Billiard outdoor-nya. Pulau Popongan Bebas dari Pungutan untuk wisatawan.
PULAU YANG DIREKOMENDASIKAN UNTUK DIDATANGI & DIJADIKAN TEMPAT MENGINAP.

#3.Pulau Salissingan.

    Pulau yg memiliki warna laut yg cantik dan jernih. disini terdapat Kantor Kecamatan Bala-balakang. kalau di pulau-pulau lainnya hanya dikepalai oleh seorang kepala dusun. tidak ada pungutan di Pulau ini bagi wisatawan. ada fasilitas pengolahan air laut menjadi air tawar namun Desember 2014 rusak hingga tak bisa digunakan. jadi penduduk hanya menggunakan sumber air tawar dari hujan yang turun. pantai nya biasa saja. di Desa ini memiliki sumber ikan yang banyak. ada pengolahan teripang, kita bisa bertanya-tanya langsung kepada pemilik usaha. ikan asin sangat murah juga ikan segar. tidak di seperti di Pulau Popongan yang susah mendapatkan ikan segar kalau tidak di pesan terlebih dahulu kepada nelayan, di Pulau Salissingan ikan segar dan teripang selalu ada melimpah. disini ada Sekolah Dasar dan Sekolah menengah pertama. tidak ada pungutan masuk di Pulu Salissingan.
     jika ingin menginap di rumah warga, bertanyalah langsung terhadap warga.

#4. Pulau Samataha.
    Pantainya biasa tapi terumbu karangnya bagus. dekat pantai dan rumah bagang. ikannya banyak. kerang kima raksasa yang ada dibawah jembatan jumlahnya makin menyusut. di Pulau ini sumber air tawar hanya berasal dari air hujan atau mengambil dari sumber air tawar Pulau Saboyang. sejak Juli 2014, ada wacana untuk menetapkan aturan kampung bahwa kapal yang bersandar di Pulau ini akan dikenai bayaran Rp.550.000,00 sedangkan wisatawan dikenai bayaran Rp.50.000,00/orang. pungutan ini berasal dari pemikiran oknum tertentu bahwa wisatawan datang ke pulau mereka untuk menikmati keindahan, jadi wajar jika dipungut bayaran. hingga saat ini, belum ada info yang menyatakan pungutan masuk ke pulau samataha masih berlanjut atau kah sudah dihapuskan.

#5. Pulau  Anak Sumanga.

    Pulau tak berpenghuni yang memiliki terumbu karang. ikan karangnya tak begitu banyak. ada nemu anemon biru beserta ikan badutnya. hanya sedikit tempat untuk bisa berteduh. jika pasang naik, maka terbentuk teluk yang indah. pulau ini terletak di belakang Pulau Sumanga.


#6. Pulau Sumanga
      Pulau tak berpenghuni yang letaknya berdekatan dengan pulau anak sumanga. terumbu karangnya indah. ada jurang lautnya yang keren. didaratan pulau ditumbuhi tumbuhan rambat, pohon kelapa dan pohon pinus. menurut cerita, pulau ini sangat mistis. pantai pulau ini indah dan berbentuk U shape yang cantik ketika pasang naik. sekarang (2016) di pulau ini dijadikan stasiun pengisian bahan bakar solar. tidak boleh mendekati stasiun BBM ini yang konon dimiliki oleh orang Samarinda.

#7.Pulau/Gusung Durian.
     Pulau Durian adalah pulau terluar kepulauan Balabalagan dari sisi Barat Laut. Dihuni 2 keluarga dengan rumah-rumah Semi permanen. Ada tugu layar biru. Pulau ini dijadikan persinggahan bagi para nelayan. bagus jika didatangi saat pasang naik.

#8.Pulau Kamariyang besar & kecil.

     Dua duanya merupakan pulau tak berpenghuni. Di pulau kamariyang besar terdapat hamparan luas terumbu karang yang didiami banyak  ikan karang dari yang kecil hingga yang besar. pulau Kamariyang besar dijadikan tempat pemakaman orang-orang yang meninggal di laut. Di pulau kamariyang kecil Wajib berhati-hati karena disini kami menemui beberapa ikan pari besar.
Pulau Kamariyang Besar
Pulau Kamariyang Kecil

# 9. Pulau Lamudaan.

     Pulau ini memiliki pantai dan dermaga yang indah. Termasuk pulau yang berpenghuni (+- 10 KK) dan tidak memiliki Sekolah.  tidak direkomendasikan untuk menginap disini. tidak ada WC dan sumur air tawar satu pun. air tawar hanya mengandalkan air hujan dan air tawar yang dibeli dari fasilitas pengolahan Pulau Labia seharga Rp.10.000,00/jerigen 25 liter. pulau ini saya rekomendasikan untuk didatangi sebentar untuk berfoto di Dermaganya yg pemandangannya indah saat cerah tetapi sangat tidak direkomendasikan untuk menginap karena ketiadaan WC. Akhir April 2015 Kepala Dusun Pulau Lamudaan mengkonfirmasi tidak ada pungutan di Pulaunya. pulau ini direkomendasikan untuk didatangi karena dermaga pulau-nya bagus untuk di foto.



# 10. Pulau Malember besar & kecil.
     Letaknya diantara pulau Lamudaan & pulau Labia. Pulau malember besar terdapat beberapa rumah keluarga nelayan. Pulau ini memiliki vegetasi tanaman kelapa, pinus,dan mangrove. Tidak ada air tawar disini dan tidak ada WC. Jika air laut surut,kita bisa berjalan kaki dari pulau Malember besar ke pulau Malember kecil. Pulau Malember besar banyak karangnya. tidak ada dermaga dan banyak karang sehingga sulit bagi kapal untuk berlabuh apalagi saat surut.
Pulau Malamber Kecil
Pulau Malamber Besar

 # 11. Pulau Labia.

     Pulau berpenghuni yang terletak diantara Pulau Malember & pulau Seloang. Disini terdapat Instalasi pengolahan Air tawar bertenaga surya bantuan dari Kementerian Perikanan&Kelautan. Harga air tawar 1 galon dikenakan Rp.2.000,-. Ada fasilitas Sekolah Dasar yang terdiri dari 3 kelas & 1 kantor guru yang masih dalam kondisi baru & bagus. dermaga pulau sangat panjang dan langsung berbatasan laut dalam. tidak direkomendasikan menginap disini karena tidak ada WC.

Pulau Labia
#12. Pulau Sabakattang. 

     Pulau ini terletak paling utara di area kepulauan Balabalagan. Pulau ini adalah pulau terdekat yang bisa dicapai dari arah Balikpapan. banyak kapal pemancing dari Balikpapan dan Sulawesi singgah di Pulau ini. ada Fasilitas Mesjid, Sekolah Dasar dan Taman Pendidikan Al Quran. jika ingin ke WC bisa menumpang di rumah penduduk atau Mesjid. Dermaga Pulaunya Panjang dan ada terumbu karang di sisi kiri-kanan Dermaga.




  #13. Pulau Seloang.

     Pulau yang memiliki karang yg indah sekali dan masih terjaga. penduduknya sedikit. ada 1 sekolah dasar dengan keadaan yang memprihatinkan.

 
 Gusung apa saja yang bisa didatangi?

#1.Gusung 3 atau gusung Tandu.

    Ini merupakan rangkaian 3 gusung yg memiliki hamparan terumbu karang yg indah namun langsung berbatasan dengan laut dalam. ikan-ikannya banyak dan besar. koralnya berwarna warni. hati-hati dengan arus yg agak kuat dan ada ubur-ubur yang sangat kecil.
#2.Gusung Lalungan.
    Hamparan terumbu karangnya luas dan berbatasan dengan bibir pantai. air lautnya sangat jernih. gusung ini kadang disebut Lalungan oleh orang yang tidak tahu. direkomendasikan datang kesini saat surut agar dapat melihat terumbu karang yang berada di bibir pantai. hati-hati terhadap bulu babi dan ubur-ubur kecil.
 #3. Gusung Popongan.
     Letaknya persis di depan pulau Popongan. terumbu karangnya tidak terlalu banyak tapi ada ikan-ikan karang yang kecil nan cantik. pasirnya berupa pecahan karang, jadi tidak disarankan melepas alas kaki untuk berjalan di gusung ini. namanya spesial kami yang memberi karena di gusung ini kami ketemu bintang laut biru yang banyak.

# 4 Gusung Sumanga.

     terletak di dekat Pulau Popongan. tidak ada pasir pantai, hanya tumpukan karang yang terangkat hingga dipermukaan air laut ketika pasang naik. wajib snorkeling disini krena spotnya spektakuler indahnya. karang Piringnya banyak yang berukuran besar. jika datang pada saat pasang, kita bisa menikmati pantai gusung yang berbentuk bulan sabit memanjang. ketika surut kita bisa menikmati terumbu karang yang cantik di pinggir jurang laut.
 # 5. Gusung Karang sauh.
     Berada kira-kira 3/4 jarak perjalanan antara Balikpapan dengan Balabalagan. gusung ini sangat dipengaruhi pasang surut air laut. jika pasang, mercu suar terlihat seperti berada ditengah laut. jika surut, kapal tidak bisa merapat ke garis pantai. gusung ini biasa dijadikan persinggahan kapal nelayan. ada beberapa cerita mistis yg beredar di kalangan nelayan, diantaranya adanya penampakan gurita raksasa yang naik hingga menutupi seluruh gusung karang sauh. selain itu juga ada cerita tentang nelayan yg mengumpulkan cangkang kerang di pantai karang sauh, hingga saat malam tiba, kapalnya seperti dilempar batu oleh orang yang tidak tampak.

# 6. Gusung Tak Bernama.

        Gusung tak bernama yang dapat dijumpai setelah melewati Karang Sauh. gusung ini dipengaruhi pasang surut air laut. jika Karang sauh tidak tenggelam meskipun pasang naik, maka gusung tak bernama ini tenggelam seluruhnya. ketika surut, Gusung ini dapat dilihat dari Karang Sauh. setelah melewati 2 gusung ini, pertanda pulau Sabakattang dan Pulau Salissingan akan terlihat dalam waktu 1-2 jam kemudian. selain kedua gusung ini, ada gusung lainnya yang lokasinya agak jauh. konon dari gusung tersebut bisa dilihat tiang mercu suar yang terdapat di Pulau Ambo. 

# 7. Gusung Lamudaan.

     Gusung yang ditandai dengan sebatang pohon tumbang tepat diseberang Pulau Lamudaan. terumbu karang didekat pantai banyak yang rusak dan pernah di bom. Bulan Februari 2014 lalu, ada oknum yang memungut biaya Rp.10.000,- per wisatawan yang sedang snorkeling di Gusung ini. oknum tersebut memakai kapal kecil bertulisan "Buser" di lambung kapalnya dan berdalih bahwa sudah menjadi peraturan dari kepala dusun pulau lamudaan. bulan Mei 2014, snorkling di gusung ini tidak lagi dikejar oleh oknum tersebut.

Apa keterbatasan yang akan dihadapi wisatawan yang berwisata di Balabalagan?

#1.perjalanan cukup melelahkan.

   Untuk menyeberangi selat Makassar menuju kepulauan Balabalagan. seringnya ombak besar cukup memperlambat perjalanan. Kemampuan Nakhoda juga harus diperhatikan jika tidak ingin tersasar. Nakhoda harus cakap&mengetahui nama pulau,gusung dan letak terumbu karang yg bagus. Lama perjalanan menyeberangi selat Makassar via pesisir Balikpapan kurang-lebih 8 jam (rekor tercepatnya) hingga 15 jam untuk sampai ke pulau terluar kepulauan Balabalagan (Pulau Sabakattang atau Pulau Popongan). Sedangkan dari Desa Lori perjalanan memerlukan waktu berangkatnya kurang-lebih 5-8 jam  menuju Pulau Saboyang jika ombak kurang bersahabat menjadi lebih lama. tetapi perjalanan pulang, waktu perjalanan lebih singkat antara 5-6 jam.

#2. Akses air tawar.

    Tidak semua pulau memiliki cadangan air tawar. Pulau Saboyang memiliki banyak sumur air tawar. kalo di pulau lainnya kebanyakan menampung air hujan & destilasi air laut menjadi air tawar(filter). untuk mandi, biasakanlah mandiri utk mandi di sumur atau mengangkat sendiri ke kamar mandi/wc. toh kita boleh minta air warga tanpa dipungut biaya, jika ingin eksklusive, minta tuan rumah menyalakan mesin genset tenaga solar utk menyalakan mesin alkon supaya ga perlu angkat air.

#3. Keterbatasan listrik.

    Di pulau tidak ada pembangkit listrik. cuma mengandalkan mesin lampu genset yg bertenaga solar. tegangan listriknya juga naik turun. rata2 penduduk cuma menyalakan listrik dari jam 6 sore hingga jam 10 malam.

#4. Makanan & Minuman.

     Namanya juga pulau terpencil. ikan sih banyak. jangan coba cari sayur apalagi ayam potong. langka!!!makanan yg dijual di warung cuma jajanan, makanan ringan, mie instan yg di rebus/ di goreng, telor, kopi, teh, es setrup/kelapa. kecuali ikut tourtrip, makanan kan udah diatur oleh organizer trip. kalo dirikan tenda bearti mesti bawa peralatan masak & bahan konsumsi yg tahan lama&ga perlu kulkas.

#5. Tidak ada sinyal operator.

     sinyal HP cuma ada di Pulau Sabakattang, yg posisinya jauh (1-1,5 jam)dari Pulau Saboyang. fasilitas wartel telepon satelit ditiadakan di seluruh kepulauan terkait dengan kebijakan anti teroris oleh Pemerintah NKRI. jadi sekarang hanya ada komunikasi radio atau HT antar pulau, sinyal radio mencakup dari karang sauh hingga keseluruhan Kepulauan Balabalakang.

Kelebihan Kepulauan Balabalagan :

     Subhanallah...!!!pokoknya Indah baik daratan maupun lautannya. pulau, gusung, terumbu karangnya, semua indah. setaraf Derawan bahkan kalian bisa menemukan keindahan yg tidak bisa di temukan ditempat lain. meskipun dlm perjalanan menuju Kepulauan Balabalagan, sangat melelahkan, saat kalian bertanya-tanya,apakah setimpal?! cukup tau aja deh, begitu sampai di Kepulauan Balabalagan.

Siapa yang bisa di hubungi untuk ke Balabalagan?

      Jika ingin bergabung, silahkan langsung menghubungi contact person BIOTO :
  • Mpo a.k.a Edelweiss blogger BBm D33F4045 ( pin 5373F60B has been deactivated.
  • Mas OTO HP 0813 4768 9518 (call & WA) atau add PIN BBM D5FEB57C.
   Jumlah peserta Trip minimum 9 orang ditambah 2 orang Guide berpengalaman. yang ingin membuat Trip Tujuan Khusus dengan Guide BIOTO, kami bersedia menerimanya. kami mengutamakan kenyamanan peserta yang akan kami bawa. trip kami exclusive bukan trip massal yang membawa peserta sebanyak-banyaknya hingga memenuhi kapasitas maksimal kapal.  Trip kami akan ditemani oleh supir kapal yang sangat berpengalaman dan mengikuti rute yang sama dengan petualanganEdelweisme@blogspot.com

Komentar

  1. Mas bisa dijelaskan rincian biayanya?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kalo berminat ikut open trip ke Balabalagan, Baca : http://edelweisme.blogspot.com/2014/07/balabalagan-islands-open-trip-official.html

      Hapus
  2. yep...ayok bertualang ke Balabalagan :)

    BalasHapus
  3. info biayanya donk. sy udah beberapa hari cari info soal ni pulau. kebetulan asli orang kaltim. jadi bisa banggain tempat sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Firman bisa hubungi No contact BIOTO utk tanya budget dan jadwal keberangkatan trip :)

      Hapus
  4. Wal, aku masih penasaran dengan keberadaan pulau kucing yg sering sering disebut org kepulauan,.pulau kucing ini masih rada mistis
    Tau dimana letak posisi pulau kucing yg dimaksud?

    BalasHapus
  5. wah ga tau ekh kalo ada pulau kucing...belum sempat nanya2 juga ke warga pulaunya, nanti kalo ada kesempatan, dapet informasinya, bakal langsung ditulis di blog ini kok bro freddy ^_^

    BalasHapus
  6. Keren...tapi transportasi masih belum lengkap ya

    BalasHapus
  7. mas rahman, cobba dibaca ulang ^_^ rasanya udah saya paparkan dengan jelas jalur transportasi dari banjarmasin,balikpapan dan grogot menuju balabalagan. memang tulisan saya terkesan panjang dan lebar, tapi itu agar informasinya tidak setengah-setengah diterima pembaca

    BalasHapus
  8. Kalo ikut trip bawa anak kecil bisa nggak mba? Kepengen ikutan tp anak-anak masih kecil. Usia SD sama 2th

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo usia kelas 1 SD, kami pernah bawa. asyik² aja karena bisa berenang dan bawa alat snorkling sendiriyg ukuran anak kecil. kalo balita 2 thn,kami belum pernah. takutnya sakit pas liburanke pulau. pulaunya minim fasilitas kesehatanx,jarang ada dokter/mantri/bidan pulau.kalo dari balikpapan kan perjalanan bisa 8-10 jam takutnya balitanya rentan sakit. kecuali Balitanya udah biasa diajak perjalanan jauh bisa aja. kalo orang pulau memang udah biasa mereka bawa balita numpang dikapal ikan utk ke balikpapan atau sebaliknya.

      Hapus
  9. Setiap TRIP apa harus ada standar orang'nya baru bisa berangkat ??
    Bisa gk kita berangkat hanya skedar 2 orang ..
    Ato kitanya akan di gabungkan dengan kelompok lain ,,

    Dan masalah biaya ,, apakah setiap pemberangkatan berbeda-beda biayanya ..
    Jika pasti ,,Berapa biaya pastinya ??
    Saya yakin ini adalah pertanyaan yg byk orang lain ingin pertanyakan ..

    Maaf banyak tanya ..karna saya masih Amatir ..
    jadi saya butuh byk INFORMASI dari yg sdh berpengalaman ..
    Terima kasih sbelumnya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas birin, salam kenal ^_^
      silahkan untuk chat info & update info tanggal trip serta peserta langsung saja call / whatsapp / Chat BBm ke contact Line BIOTO yg tertera di artikel di atas.
      setiap trip kami menetapkan kuota 10 peserta, kurang dari itu, trip di cancel dan DP peserta dikembalikan 100% atau sesuai persetujuan, peserta akan dipindahkan ke tanggal trip selanjutnya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trip SATEBO (Samarinda-Tenggarong-Bontang)