Mari Bertualang ke Martapura - Banjar Baru - Banjarmasin


Wellcome to the West Borneo

      Berikut tujuan wisata KalSel yang disarankan untuk dikunjungi.  seluruh perjalanan  wisata ini adalah petualangan yang telah dijalani oleh saya, Norma yunita selaku penulis dan Riefcool Firmansyah yang merupakan travelmate paling Klop layaknya surat dan perangko.ciyekhhh...so,get your backpack and lets visit Kalsel :D 

Mode Transportasi 
dari Samarinda - Banjar naik Bus Pulau Indah (0541-260918-260928-260754) per 19 september 2013=Rp.180.000,- Full Ac Rp.150.000,- Non Ac. data tiket sama hingga tanggal 21 maret 2014.
Lama perjalanan: 16-20 jam. 
dari Grogot - Banjar naik mobil Travel (xenia/avanza) dan Mini Bus (tarif tiket sama). per 23 Maret 2014 harga tiket Mini Bus Rp. 150.000,-/penumpang.
lama perjalanan : 8-9 jam

Kota: 

#1 Martapura 

travel Destination : 
1).Pasar Martapura
     Pusat souvenir,wisata belanja dan kuliner juga tempat mangkal angkot berbagai macam rute.souvenir terkenalnya adalah Kain sasirangan.sarung sasirangan Rp.70.000,- kain sasirangan utk suami istri Rp.200.000,-gelang batu alam antara Rp.5.000,- s/d Rp.20.000,- T-shirt I love kalsel dewasa Rp.60.000,- anak-anak Rp.25.000,- 
2).Bakso Batuah.
      letaknya didepan pasar Martapura.menyediakan 2 menu utama yaitu Bakso dan Mie Ayam yg yummy sekali.1 porsi mie ayam+ 1 gelas es teh hanya Rp.17.000,-. 
3).Rumah Bubungan Tinggi Teluk Selong.
     letaknya diTeluk Selong,daerah pinggiran kota martapura yang sepertinya sentra penghasil Padi.sepanjang perjalanan,mata dimanjakan dengan hamparan sawah yg begitu luas.sangat disarankan untuk kesana menjelang sore,karena Sunsetnya Indah.Rumah bubungan tinggi terdiri dari 2 rumah yg telah ditetapkan oleh Pemda sebagai Cagar Budaya.Arsitekturnya cantik dan dihiasi taman bunga.tidak dipungut biaya apapun disini. 

4). Q Mall.
       letaknya diantara pasar martapura dan Bundaran Banjar Baru.Mall ini baru saja dibuka oleh karena itu hanya terisi hingga lantai 2 saja.ada hypermart,Matahari dan berbagai butik.Wc nya wangi dan bersih,tak dipungut biaya pula.bahkan parkir resmi untuk motor hanya Rp.1.000,-.langit-langit mall-nya berbentuk huruf Q berwarna ungu. 
5).Taman Hutan Raya Sultan Adam.
      dapat dicapai dengan kendaraan pribadi.begitu mendekati gerbang masuk Tahura, kita disambut dengan Kanopi pepohonan yg rimbun dan agak gelap.setelah membayar tiket masuk,kita bisa memarkir kendaraan didepan warung2 makan.disini ada air terjun Mandiangin,rangkaian perbukitan yg diselimuti kabut,air terjun sungai kelambu dan Kolam pemandian peninggalan Belanda.kita harus menaiki ratusan anak tangga untuk mendaki.tempat yg bagus bagi pecinta alam dan fotography alam. 
Air Terjun Mandiangin

wellcome to TAHURA Sultan Adam
6).Waduk Riam Kanan.
      waduk buatan yang memiliki pemandangan sangat indah.dikelilingi deretan perbukitan yang Hijau dan diselimuti kabut.beberapa puncak bukit berubah menjadi pulau-pulau kecil seperti Pulau Pinus 1 dan Pulau Pinus 2.untuk yg hobbi mancing bisa mencarter kapal berkisar Rp.300.000.- s/d Rp.350.000,- yg akan mengantar kita berkeliling ke spot-spot memancing di waduk Riam Kanan.jika ingin bermalam,titipkan kendaraan di tempat parkir yg disediakan penduduk dan memayar Rp.10.000,-/kendaraan supaya aman. 


7).Pulau Pinus 2 
     merupakan salah satu objek wisata diwaduk Riam Kanan.Pulau ini tidak terlalu luas,lebih kecil daripada Pulau Beras Basah Bontang.Pulau ini ditumbuhi Pohon Pinus dengan pemandangan waduk riam kanan sekelilingnya.pulau ini tidak ada rumah penduduk,hanya ada sedikit rumah penduduk,TK anak-anak dan warung makan utk melayani pengunjung pulau pinus dari pagi hingga sore saja.pengunjung dibolehkan berkemah asal izin dengan penduduk setempat.rumah penduduk ada ditepian seberang Pulau Pinus 2 yang dihubungkan oleh jembatan kayu yg panjang san menjadi ikon pulau pinus 2.bagi yg hobi mancing,kemping dan Fotography,disinilah tempatnya.dengan mencarter kapal utk antar jemput ke pulau Pinus 2 sekitar Rp.175.000,-kapasitas kapal 10-15orang.jika ingin berenang sebaiknya didermaga kapal pulau pinus 2,karena berbentuk tangga yg landai dasarnya beton,airnya jernih dan banyak ikan-ikan kecil yg akan mengerumuni kita tanpa malu-malu.


8).Warung 41.
      merupakan warung yang menyajikan Kue-Kue tradisional khas banjar.nama 41 adalah jumlah jenis kue yg disajikan berkeliling diatas meja berbentuk U.ada berbagai macam Bingka,dari bingka telur,pisang,nangka hingga pisang,kue Pari,sate ayam,sate telur burung puyuh,perkedel,nasi kuning,Puding dll.harganya pun ringan dikantong. 

9).Masjid Jami Martapura.
      merupakan Masjid terbesar di Martapura. 

#2.Kota Banjar Baru. 

Travel Destination : 
1).Museum Banjar Baru.
      tiket masuk ke museum Rp.2.000,-/orang. 

2). Cafe Pastagio.
      Cafe dengan suasana Ethnic Bali. bener-bener keren dekorasinya, suasananya romantis dengan tampilan kolam renang dan nuansa hijau dari tumbuhan.

#3.Kota Banjarmasin.

Kota 1000 sungai,otomatis banyak jembatan juga. 
Travel Destination : 
1).Pasar terapung.
     ada dua Lokasi yaitu di Kuin dan di Lok Baintan. pasarnya hanya ada tiap minggu subuh hingga minggu pagi.jangan terlambat datang,karena semakin pagi,jukungnya semakin sedikit.carter kapal menuju pasar terapung Kuin dan Pulau Kembang Rp.150.000,-kapasitas 8-10orang.jika ke pasar terapung Lok Baintan,maka akan memutar jauh ke pulau kembang sehingga memerlukan waktu yang lama dan sewa carter yg lebih mahal. 

2).Pulau Kembang.
     merupakan Pulau berada ditengah sungai Barito,yang konon ceritanya berasal dari kapal yang karam yg kemudian ditumbuhi pepohonan. Tiket masuk ke Pulau Kembang Rp.5.000,-/wisatawan domestik dan Rp.15.000,-/wisman.saat memasuki gerbang,kita akan diperingatkan agar gantungan kunci dan kacamata diamankan agar tidak dibawa lari si monyet.kita bisa membeli kacang Rp.2.000,-/bungkus kepada ibu-ibu penjaga pulau kembang.pulaunya oke banget,karena kita melihat pepohonan bakau yg rimbun dan serasa di pulau misterius yg banyak terdengar jeritan ketakutan pengunjungnya. 


3).Duta Mall.


     menawarkan wisata belanja yang harganya lebih murah dibanding Mall yang ada dikota Samarinda.disini Parkir motornya lebih mahal bahkan masuk Toilet Mallnya pun berbayar. 

4).Soto Rina.
      terletak di jalan Kuin Selatan Rt.8 dekat pertamina.warungnya penuh pengunjung,karena pastinya Soto khas banjarnya enak!kalo mau lebih nendang lagi rasanya,soto banjar dipadu ma sate yg ada disebelah warung soto Rina. 
5).Masjid Tertua dan Makam Pangeran Suriansyah.
      Letaknya berdekatan dan resmi dijadikan Kampung Wisata Pangeran. 

6).Jembatan Barito.
      letaknya di jalan Raya trans kalimantan,menuju Kapuas Kalimantan tengah.disarankan menjelang sore supaya dapat menyaksikan sunset dari jembatan ini.hati-hati memarkir kendaraan dipinggir jembatan karena lalu lintas agak ramai sehingga rawan kecelakaan dan juga bergoyang jika ada kendaraan berat melintas. 

7).sentra pembuatan Kue kering tradisional khas banjar 
       dengan merk dagang"Afika" oleh perusahaan Merpati Food.terletak didaerah Pangeran.ada 3 jenis kue yaitu kue ilat sapi,kue semprit dan kue Gambir. dijamin enak deh. 
8). Kedai Segara.
     bukan tempat wisata memang! tapiini tempat hang out asik buat pencinta buku. suasana cafe nya asik dengan jumlah buku yang banyak untuk dibaca sambil menikmati makanan & minuman yang disediakan kafe.


      Sekian review destinasi wisata Kalsel meliputi 3 Kota utama yaitu Martapura,BanjarBaru dan Banjarmasin.semoga bisa jadi panduan bagi siapapun yg ingin berkelana kesana .jika ingin bertanya detailnya dan objek wisata lainnya bisa langsung ke  Grup FB south Borneo Traveller dijamin, membernya dengan senang hati memberikan penjelasannya.  adios permios amigos.
baca juga : Tips Bertualang ke Lok Sado dan Damn, I Love Bamboo Rafting

Komentar

  1. Kedai segara dimna ya alamat nya? Tertarik mau kesana��

    BalasHapus
    Balasan
    1. di jalan Pramuka, Banjarmasin. tapi sudah lama tutup karena lokasinya kurang strategis

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rute menuju Kepulauan Balabalagan

Trip SATEBO (Samarinda-Tenggarong-Bontang)