Circle of Light Gua Pampang

Circle of Light Goa Pampang
     Tahun baru islam,dirayakan dengan cara yg unik.bener2 unik karena trip yg semula direncanakan mau kemping di Pulau daerah Muara Badak ternyata diganti dengan trip yg oke banget.daku ditawarin ikut trekking ke air terjun berambai dan Gua Batu kapur Pampang bersama pasukan eSBe.
    sapa ga ngiler coba,ngiler juga horor alx bener2 belum pernah ikut caving.tapi sapa takutlah!the show must go on!dengan berbekal deskripsi menakutkan tentang gua yg mau didatangi itu sempit,gelap,basah dan berlumpur oleh anggota eSBe yg udah pernah kesana. malam selasa yang diguyur hujan deras sepanjang malam hingga subuh.untungnya sempat beli headlamp di Counter Eiger Mall Mesra Indah.
    malamnya packing,masukin botol air minum 1,5lt,kotak makanan,headlamp,plester luka,gadget,sapu tangan dan kaos kaki.selasa pagi ngumpul di Indomaret sempaja.adegan saling tunggu menunggu hingga menghabiskan waktu 1,5jam akhirnya tim motor alias tim evakuasi berangkat juga.tim sepeda udah duluan berangkat sejak jam 8 pagi.tim motor adalah tim back up bagi para pengendara sepeda gunung yg ga kuat mengendarai sepeda hingga objek wisata air terjun Berambai.
Atap Cahaya Goa Pampang
    ternyata jalanan off road banget sodara-sodaraaah! *dramatisir ... Baru 10 menit memasuki jalan Berambai udah jalanan berlubang,berkerikil,tanah liat,berbelok-belok dan menanjak dah menyambut kami.baru setengah jam perjalanan bermotor udah tangan pegal tiada terkira,bagaimana tuh pasukan bersepeda,apa kabarnya?!lebih capek lagi pastinya!setelah 45 menit berkendara dengan jalur off road yg hampir membuatku drifting diatas tanah liat yg licin untung ga sampe jatuh.
     akhirnya tim motor bertemu dengan tim sepeda yg sedang berhenti karena kelelahan.Ria yg sendirian personil cewe dari tim sepeda udah ngos2an.saat ditanya udah berapa gunung yg dilewati,beliau jawab"buanyaaaak".akhirnya,ria di evakuasi,dia dbonceng oleh Mas Abie sedangkan Cinknyot jadi pemain pengganti utk mengendarai sepeda gunung punya Ria.
Mas Dav & Cink Nyot, Tim Bikers
     emang begitulah tugas tim evakuasi hohoho.selamat menggenjot sampe gempor cinknyot!itung2 dapet pahala nolongin cewe manis kayak Ria,wohohoho.tim motor pun meninggalkan tim sepeda untuk melanjutkan perjalanan.sekitar 30menit kemudian,kami sampai di lokasi parkir yg disediakan bagi pengunjung air terjun berambai.setelah berisitirahat ditempat parkir,kami meninggalkan ria yg menunggu kedatangan tim sepeda,sedangkan kami melanjutkan trekking menuju Gua Pampang.
     rupanya kami didahului oleh pasukan mba Ajie yang beranggotakan Murid SMK 6 jurusan teknik alat berat sebanyak 19 orang.pada awalnya jalur trekking menyusuri anak sungai dan kebun warga,masih datar-datar aja.jalur trek berubah ketika menyeberangi anak sungai.nanjak...nanjak...dengan theme song naik naik ke puncak gunung tinggi tinggi sekali...kiri kanan ku lihat saja tebing sungai yg curaaamm...mana becek ga ada ojek katanya mba Dani wuahahaha.
Pasukan SB dan Pasukan TAB SMK 6
     1 jam pertama trekking masih kuat.melewati Pos 1, tubuh mulai menjerit minta sitirohat dan minum karena medan daritadi selalu menanjak,melompati batang Pohon yang melintang sa'enak'e dewe,turunan vertikal yg harus memperhitungkan ketepatan,melewati batang kayu yg lebih kecil lebarnya dari sendal gunung yg dipakai,ketemu lipan,ketemu semut,mendengar suara burung-burung yg berkicau,mendengar gemericik sungai,suara nafas yg terengah-engah,suara gedebuk dari orang2 yg kepleset dan terjatuh,hingga akhirnya sampai juga di Pos 2.
     Tiba waktunya sitirohat,minum,makan dan ngelurusin kaki.disini akhirnya kami bertemu dengan pasukan mba ajie.mereka lagi sibuk mandi di kolam bawah,sedangkan kami berisitirahat di bangunan beratap sederhana pos 2.kami mengeluarkan konsumsi masing-masing.aku membawa sosis daging,margarin dan saos sambal botolan.mas abie dan masdon mengeluarkan nesting dan menyalakannya.
Goa Pampang yang luas & panjang
    kami mulai memasak sosis.satu hal yg paling penting dan malah terlupakan,yaitu ga da satu pun yg membawa nasi huahahahaha.baru ingat setelah ditanya ma masdon!abisnya semua mengira acara caving batal karena guyuran hujan deras semalaman.jadilah bawaan apa adanya.yang penting kan kebersamaannya yah!
     sosis panas yg dimasak oleh Chef Fariz yg lezzat meski gosong dikit wohohoho.ternyata isi tas mba aji dan mba dani Kayak hypermart lah!smw jenis makanan ringan dikeluarkan.udah kenyang,sambil nunggu waktu dzuhur lewat,kami mengobrol di Pos 2 yg adem.Sembari mengobrol ga terasa waktu dzuhur udah lewat.kami pun bersiap berangkat menuju Gua Pampang.kali ini pasukan lebih banyak karena pasukan eSBe bergabung dengan pasukan SMK 6 jurusan teknik alat berat yg dipimpin oleh mba Ajie.
Isi Perut Bumi Pampang yang memukau
      pasukan gabungan pun memulai pendakian yg jalurnya lebih menantang.bahkan kata mas Abie,dari skala 1-10,jalur ini tingkat kesulitannya 6,5.bayangin aja kalo 30 menit dihajar tanjakan melulu bahkan diberapa titik dah vertikal banget meski ga lebih dari 1,5 meter ketinggiannya tetep aja gempor memanjat sambil mencari pegangan.setelah menyeberang sungai untuk kedua kalinya, ketika menuruni sungai yg berbatu,tiba-tiba saja sendal gunung masdon putus.
     bener-bener deh,jalurnya memakan korban yaitu sepasang sendal bermerek dengan kualifikasi untuk kegiatan outdooring.turut berduka cita masdon!semoga kakinya diberi ketabahan dan kekuatan untuk melanjutkan perjalanan tanpa alas apapun,hehe amiiin.
     akhirnya kami sampai juga di mulut Gua yang hampir tidak kelihatan karena rimbunnya semak.mulut Gua yg gelap,kecil,menurun,tak terlihat dasarnya dan hanya bisa dilalui one way doang membuat kami harus mengantri untuk bisa memasuki Gua.
     wuidiiiwww,aseli deg-degan banget,caving perdanaku bikin klaustrophobia dadakan.takut banget kalau GoaGua nya vertikal banget padahal ga ada tali pengamannya,gimana kalo terjadi gimana-gimana gitu...akhirnya mau gimana lagi,giliranku tiba setelah mba Dani masuk mengekor dibelakang Fariz.dengan memberanikan diri aku mencari posisi utk memasuki gua.dengan posisi selunjur sambil setengah ngesot menuruni mulut gua yang berbelok ke kanan.karena backpackku nyangkut mulu,akhirnya ganti posisi merangkak meski tangan dan kaki direlakan terbenam dalam genangan air lumpur.
     syukurlah ga begitu jauh merangkak karena Gua langsung melebar.semua orang yg didalam Gualangsung terpesona dengan bentuknya yang Unik.meski Gelap tapi dengan bantuan Headlamp kami bisa melihat stalagtit dan stalagmit.dinding Gua juga dipenuhi tetesan-tetesan Air.
     pasukan eSBe paling belakangan masuknya,sehingga orang yang terakhir yaitu Masdon masuk ke Bagian Gua yg luas,beliau langsung mendapat applaus dari seluruh peserta caving.puas dan senang karena perjalanan yg sangat melelahkan untuk sampai disni terbayarkan dengan keindahan Gua Pampang.langsung deh,sesi foto-foto narsiz dimana-mana.lantai dasar Gua sangat basah karena ada anak sungai yang tak pernah berhenti mengalir.
     Gua nya cukup panjang rupanya.di ruang tengah terdapat lubang cahaya atau istilah bekennya"circle of light" yang keren banget untuk foto-foto.bentuk Gua yang memiliki beberapa ruangan yang saling berhubungan.Gua yang berliku dengan jalur keluar yang memutar ke arah kanan namun tidak akan membuat kita tersesat.tapi safety first ya kawan,jangan menoreh dinding,jangan menangkap kelelawar,jangan memegang apalagi mematahkan stalagtit&stalagmit yang ada di Gua dan terutama jagalah kebersihan.ga seru kan kalau ada sampah bertebaran di Gua!apalagi kalo stalagmit&stalaktitnya patah karena ulah manusia.
To Be Continued.
 


Pasukan Samarinda Backpacker

Pasukan mba Aji yaitu 19 Murid SMK 6 Jurusan TAB

 
Di Mulut Gua Pampang

Aku dan Stalagmit Gua Pampang


Air Terjun Berambai Site #1

Dari Bawah Circle Of Light Gua Pampang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rute menuju Kepulauan Balabalagan

Trip SATEBO (Samarinda-Tenggarong-Bontang)